Thursday, October 18, 2012

sedikit opini dari kaum 'minoritas'

aaaakhirnya kelar uts pertama di bangku kelas dua belas yang oh-so-dammit ribetnya di urusan pelajaran, apalagi di smanic!
straight to the point aja yah, aku masih ga begitu paham kenapa pelajar jaman sekarang masih demen nyontek. bukan masih ding, malah tambah. bahkan temenku si uwil yang dulu se-smp seprinsip kagak bakal nyontek eh akhirnya sekarang dia udah ketularan -,- tapi emang iya sih dulu dia sempet bilang sebelumnya kalo dia pas sma bakal nyontek.

tapi entah kenapa, masih susah buatku ngikut-ikutan nyontek, walopun dulu aku bilang sama kelasku JEMPOL (Joy Eternal Macaca's Power Of Language, red.) kalo pas semester 2 kemaren ato kapan gitu, aku bakal nyobain yang namanya nyontek. dan.....ga kesampean juga -__- sampe sekarang.
dan sepertinya mereka kecewa, nyehehe maaf yaa >< bukannya aku ga mau bantuin kalian, aku mau bantuin kalian to pass the exam but it's not how it works. bukan gini caranya :| kalo bantuin belajarnya aku masih mau, mau banget malah sekalian belajar dan tuker pikiran bareng, tapi kalo masalah memberi sekedar jawaban a,b,c,d,e tanpa ilmu* di waktu yang ga tepat pula, apa untungnya? sekedar nilai terdiri dari 2 angka atau 3 mungkin, yang sama-sama kita tau kalo itu gak murni, bukan dari usaha kita sendiri padahal aslinya kita bisa? dan dari hasil yang gak murni itupun, kalo misalkan berbeda antara yg nyontek maupun yang ngasih contekan itu pasti bikin senep kan?apalagi kalo yang ngasih contekannya malah lebih rendah dari Si Penyontek, itu jleb banget mesti rasanya. dan Si Penyontek itu berbangga hati dengan...nilai yang...yunowlah ga perlu dijelasin lagi. bagaikan..apa yah, bagi-bagi duren tapi yang punya duren malah dapet yang bosok gitu? ya gitu deh pokoknya.


*tentang tanpa ilmu : aku heran sama orang-orang yang sekolah cuma buat ngejar nilai, orang tuanya bayar mahal-mahal buat anaknya sekolah, tapi anaknya malah belajar cuma buat ngejar nilai. kalo anaknya punya mimpi tapi kayak gitu doang, ilmunya ga diserap, terus ilmunya dikemanain kalo nilenya udah puas didapet? ._.
"Carilah ilmu sampai ke negeri Cina"
kalo anaknya punya impian lebih tinggi lagi dari ke Cina, gimana mereka bisa nggapai impiannya itu kalo nyari ilmu aja niatnya ga ada? atau setengah-setengah? eman-eman banget rasanya....
kata-kata itu yang selalu nyantol di otakku buat semacam...emm...apa yah, memotivasi? iya kali, biar nantinya bisa bahagiain orang tua nantinya...aamiin deh.


balik lagi ke nyontek.
pengalamanku sendiri sih, selama di sma, aku belom pernah nyontek pas ulangan seingetku, kalo pr lah sering -..- yeah we did that a lot, jujur sajah~ lagian mau nyontek bagimane, orang duduk aja bertahun-tahun dari jamannya sekolah bocah ingusan selaluuuu aja di mana lagi kalpo bukan di depan. yap. nama membuat saya selalu harus menghadapi kenyataan yang manis-asem, dapet nomer absen 1. kadang beruntung, dan sering sialnya. tapi kalo kasus ngasih jawaban nih aku pernah, pas kelas sepuluh Ady Imam rajin banget noh minta jawaban aku -,- tapi aku masih mau soalnya ga begitu deket sama dia, mau nolak ga enak mbok jadi dijauhin, trus aku inget banget waktu itu lagi uts pertama pas kelas sebelas apa yah, lagi mapel inggris, di ruang 31 deket masjid atas ruang geo apa yah, waktu itu masih duduk bareng kakak kelas, belakangku duduklah si sobat Amalia Ramadhani si absen 2 ato amel ato pok ame-ame ato ameru ato dakocan :p ehee check her HERE yang waktu si pengawasnya (Pak Mawan, yes, tell me about it) keluar ruangan, dia nyolek-nyolek pinggangku minta jawaban. hmmm geli, pikirku. haha engga srius. dulu pas kelas sepuluh bangku kita ga deketan sih, mungkin dia ga tau. pertama sih aku jawab aja, eeeeh setelah itu dia tanya nomor beruntut, abcd-an 41-47 apa ya kalo ga salah, sekaligus. jdeeeeeng, dari jendela aku liat Pak Mawannya udah mau masuk lagi ke kelas, langsung aku jawab, vwxyz (aku lupa jawaban pastinya apa aja, pokoknya abcd-an, bukan maksudnya pilgannya anak bahasa pake vwxyz engga kok, engga, canggih temen -..-) dan pas aku nyebut abjad terakhir, udah pas Pak Mawan masuk ke kelas, dan amel ndengus takut ketauan mungkin, maaf ya mel, temanmu ini sangat tidak berpengalaman ><
setelah itu kan kalo pas istirahatnya kita ke masjid atas, aku bilang ke amel kalo aku ga bisa sontek-sontekan gitu (ya, itu bahasa bakunya katanya ibunya temen aku guru bahasa indonesia, tuh cek blog anaknya, keren loh!head apanya gitu dia bikin sendiri!) trus aku bilang ke amel aku pengen bisa sportif.. gitu. dan amel cuma bilang yaaaah :(
i am really sorry for everyone, terutama temen-temen yang pernah sekelas sama aku, yang sepertinya pada keberatan dengan 'perbedaan' sikap dengan mayoritas yang ada..
tapi mari kita coba berpikir lagi..
kita masih dikaruniai otak yang sehat (yah, mungkin beberapa dari orang yang masih aja mau membaca blog ga genah satu ini sudah terkontaminasi dari si penulis), kita masih dikaruniai rejeki dari Tuhan makanan yang sehat bergizi, kita masih diberi waktu untuk mempelajari sedikit demi sedikit materi pelajaran, yah walopun aku pribadi belajarnya masih males-malesan, mood-moodan dan seminggu ini selama uts juga aku metode belajarnya ngebut, speed reading, SKS ato apalah pokoknya bukan yang belajar tiap hari, aku sendiri termasuk tipe anak yang belajar kalo mau ada ulangan doang, jadi aja tiap hari belajarannya numpuk. besoknya, pas hari tes pasti aku keluar paling cepet, kadang karena stres sama soalnya, kadang karena lumayan lancar ngerjainnya. terus, aku inget kata-kata temenku Aje kemarin-kemarin, "din, aku lah heran sama kamu, kamu keluarnya paling cepet terus tapi kok bisa bebas, nilainya lumayan-lumayan gitu." kira-kira dia bilang begitu. aku tau dia tau juga kalo aku ga pernah nyontek, anak JEMPOL semuanya tau. dan aku cuma jawab, "......" jawab apa ya, aku lupa. aku juga sebenernya waktu itu ga tau mau jawab apa gimana, apa harus bangga apa harus menyangkal. yang jelas kalo sempet mikir lebih lama lagi jawabanku kayak gini, mungkin, karena aku gak berpartisipasi nyontek, jadi jalanku dimudahkan sama Tuhan? :) mungkin..

Tuhan kan suka sama orang jujur, toh aku juga ngerasanya ga nyontek itu lebih damai, hati dan pikirannya, ga mesti harus main mata sama si pengawas ujian, bodoa malahan aku ga begitu merhatiin si pengawas kalo lagi ngerjain, kecuali kalo beliau ngapain gitu kayak tadi Pak Haryono ngasih absenan malah cuma 1 lembar satunya malah ngasih lembar jawab jadinya aku ada dobel -..-" lagi konslet kali ya bapake.
ga perlu nganggu temen yang lagi ngerjain, toh mereka juga belom tentu ngerespon
dan aku juga belajar lebih yakin sama diri sendiri, bener-bener ngeliat kemampuan belajarku tuh sampe mana sih, juga berapapun hasilnya yang jelas aku yakin itu setara sama usaha belajar dan ikhtiarku TvT yang penting itu murni..dan dari campur tangan Allah beserta petunjuk-petunjuk dari-Nya.
pokoknya banyak lah keuntungan dari ga menyontek, menurutku.
insya Allah, jalan ke depannya lebih dimudahkan lagi.
kita juga lebih bangga sama hasil tangan sendiri.
makanya, mulai dari sekarang bekerja samalah dengan Tuhanmu saja ;)
 Dia adalah partner paling terpercaya, paling segala-galanya..

hubungannya sama yang di *tentang tanpa ilmu tadi, mari kita belajar lebih giat, lebih sungguh-sungguh lagi buat menuntut ilmu, buat mencapai mimpi dan tujuan kita, apalagi teman-temanku yang sudah duduk di bangku kelas dua belas, untuk lulus dari sekolah ini, mendapatkan nilai dan prestasi yang menggilang, dan bagi yang mau masuk SNMPTN jalur undangan, SMANIC 51, KITA PASTI BISA KALAU KITA MAU BERUSAHA DENGAN BELAJAR SUNGGUH-SUNGGUH! SMANIC 51 LULUS 100%!
AAMIIN! AAMIIN YA RABBAL ALAMIIN.

JANGAN JATUH JANGAN MUNDUR JANGAN BERHENTI MELANGKAH HANYA KARENA SATU UTS YANG MENYESAKKAN INI, KITA MASIH PUNYA BANYAK KESEMPATAN!

WE'VE GOT NOTHING BUT TIME ON OUR HANDS!

SEMANGAT DAN TERUS BERJUANG!

ISI WAKTU KITA DENGAN HAL-HAL YANG BERHARGA, ERATKAN TALI PERSAUDARAAN KITA, ISI TAHUN TERAKHIR KITA BERSAMA DENGAN KENANGAN YANG BAHAGIA DAN BERHARGA, MUMPUNG MASIH ADA WAKTU, KITA SEKOLAH TINGGAL BERAPA BULAN LAGI, SAYANG KALAU DISIA-SIAKAN! SUKSESKAN UN DAN SNMPTN 2013, CAS (CATATAN AKHIR SEKOLAH), DAN BUKU TAHUNAN KITA!  YEAAAAAAAAAHHHHHHH!
WASSALAM.
AU REVOIR.
GOOD BYE.
 UDAH DARI TADI PULANG UTS TERAKHIR ABIS M2M DESY DI RUMAH PANCAKE BARENG JEMPOL TERUS KE BRODKES BELOM BALIK-BALIK KE RUMAH BELOM JENGUK BAPAKE LAGI SAKIT BELOM JEMPUT DIAZ DI SEKOLAH SEKARANG PASTI LAGI MEWEK TERUS BELOM SIAP-SIAP MAU IKUT LATIAN RENANG BARENG JEMPOL!
SAMPAI JUMPA.

3 comments:

  1. "mari kita belajar lebih giat, lebih sungguh-sungguh lagi buat menuntut ilmu"
    mengapa ilmu di_tuntut?
    ada yang salah-kah dg ilmu?
    sehingga harus di_tuntut?

    ReplyDelete
  2. -____- malah ngajak debat, pake lelucon kuno lagi -..- yah, sebagai anak bahasa harusnya ngerti dong apa yang dimaksud :v

    ReplyDelete
  3. jika perlu silahkan anda cek di http://situs-dunia-islam.blogspot.com/2010/09/pengertian-menuntut-ilmu.html semoga bermanfaat bagi anda yang masih ragu menuntut ilmu

    ReplyDelete